Mengintip 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

By. Eka Sari - 12 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Bicara soal jahe, tanaman ini bukan sekadar bumbu dapur yang berfungsi sebagai bumbu masakan dan penghangat tubuh. Padahal, rutin mengonsumsi rempah ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Banyak nutrisi baik yang bisa didapat tubuh dari jahe, seperti serat, protein, kalori, dan berbagai vitamin. Tak heran jika ramuan ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari meredakan kram menstruasi, meningkatkan fungsi otak, hingga meringankan gejala radang sendi. Ramuan ini merupakan salah satu rempah yang menyehatkan dan nilai gizinya juga cukup lengkap. Beberapa manfaat jahe untuk tubuh adalah:

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

1. Efek Antipenuaan dan Antikanker

Manfaat jahe ini disebabkan oleh sifat anti inflamasi dan antioksidan yang berfungsi mengendalikan proses penuaan. Selain itu, terdapat juga zat antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan berbahaya seperti kanker. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat rempah ini sebagai obat alternatif dalam pengobatan kanker. Jadi sebaiknya Anda tetap meneliti dan berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

2. Jahe Meredakan Nyeri Saat Haid

Rutin mengonsumsi air rebusan jahe terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid. Padahal, khasiat tanaman herbal ini tak jauh berbeda dengan ibuprofen dan asam mefenamat. Sebuah studi di BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan bahwa jahe bekerja dalam pengobatan nyeri haid dengan cara menghambat jalur siklooksigenase dan lipoksigenase dalam sintesis prostaglandin dan leukotrien.  Selain itu, sifat antiinflamasi yang terkandung dalam tanaman obat berhubungan dengan penghambatan sintesis prostaglandin. Proses inilah yang menjadi mekanisme jahe meredakan kram menstruasi pada wanita.

3. Meredakan Mual Di Pagi Hari

Sebuah studi yang dilakukan oleh Royal College of Obstetricians and Gynecologists menemukan bahwa rempah jahe juga menawarkan manfaat dalam meredakan gejala mual di pagi hari di awal kehamilan. Manfaat tersebut dapat dirasakan ketika mengonsumsi akar tanaman. 

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jahe dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh diwujudkan karena kandungan vitamin C dan magnesium. Kedua kandungan ini membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung zingerone, shogaol dan gingerol yang berperan sebagai antioksidan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine mengklaim bahwa pada budaya kuno, jahe bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa rempah ini efektif menghambat biosintesis prostaglandin dan leukotrien. Ia bekerja dengan menghambat 5-lipoksigenase atau prostaglandin sintetase. Selain itu ramuan ini juga dapat menghambat sintesis sitokin proinflamasi seperti IL-1, TNF-α dan IL-8. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, proses ini dapat mencegah reaksi alergi dan mencegah penyakit alergi. 

5. Terhindar Dari Infeksi Bakteri Dan Virus

Manfaat jahe lainnya antara lain membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus tertentu. Manfaat ini berasal dari adanya gingerol yang mencegah infeksi bakteri seperti shigella, E.coli dan lain-lain. Selain itu, sebagai bahan herbal, jahe juga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Penggunaan teratur juga membantu mengatasi pilek dan flu. 

Baca juga: Daun Pepaya: Si pahit Yang Memiliki Segudang Manfaat

6. Meredakan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pain Research mengklaim bahwa  jahe telah menunjukkan sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang sedang berlangsung sedang menguji efek suplementasi jahe mentah (Studi 1) dan kompres hangat (Studi 2) selama 11 hari. Keduanya merupakan uji coba secara acak dengan 34 dan 40 sukarelawan.

Sebelumnya, peserta melakukan 18 gerakan latihan untuk menimbulkan nyeri dan bengkak. Hasilnya, mengonsumsi suplemen jahe mengurangi rasa sakit selama 24 jam setelah berolahraga dibandingkan dengan plasebo.

7. Menurunkan Gula Darah Dan Kolesterol

Konsumsi rutin ramuan ini juga dapat menurunkan gula darah secara signifikan. Selain itu, konsumsi rempah ini juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tak hanya jahe, herbal lain juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol, simak 5 Herbal Penurun Kolesterol.

8. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat tersebut bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi ekstrak minyak ramuan ini. Sifat antibakteri ramuan ini membantu meringankan masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Pada saat yang sama, rasa hangat yang tercipta dari konsumsi ramuan ini melemaskan sistem pencernaan.

9. Jahe Meningkatkan Aktivitas Otak

Selain itu, Zingiber officinale meningkatkan fungsi otak sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit Alzheimer di kemudian hari. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

10. Meredakan Gejala Radang Sendi

Artritis merupakan penyakit yang gejalanya berupa pembengkakan pada area persendian. Faktanya, kandungan baik pada jahe efektif mengurangi pembengkakan sehingga Anda bisa beraktivitas normal.

Baca juga: Maggot: Segudang Manfaat di Bidang Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jahe, kamu dapat mengonsumsinya dalam berbagai cara, seperti menambahkannya dalam makanan, minuman, atau mengonsumsi suplemen jahe. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, terutama dalam dosis tinggi.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp