7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

By. Eka Sari - 12 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Kunyit berasal dari Asia Tenggara. Kunyit memiliki khasiat obat dan merupakan obat tradisional. Senyawa dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) berperan sebagai antioksidan, anti tumor, anti kanker, antimikroba, anti racun.

Baca juga: Beras Merah: Tips dan Trik Memulai Bisnis Olahan Makanan

Kunyit memberi tubuh beberapa komponen bermanfaat yaitu kurkumin, bisdesmethoxycurcumin, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.  Dengan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, dapat dikonsumsi sesuai takaran. Yuk simak penjelasan manfaat kunyit bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung kurkumin yang meningkatkan daya tahan tubuh. meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri penyebab penyakit. Selain itu, kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga sebagai antioksidan dengan memberikan efek antiinflamasi yang kuat.

2. Mengurangi Rasa Mual

Kurkumin dalam kunyit diserap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan di perut. Dengan mengonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual. Selain itu, kurkumin pada kunyit juga membantu mengurangi tekanan gas di lambung dan membantu lambung menghentikan produksi asam berlebih.

3. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Pada wanita yang sedang menstruasi, bagian perut terkadang terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Para wanita pastinya sudah tidak asing lagi dengan ramuan kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin yang mampu mengendurkan kontraksi rahim. Kunyit juga membantu mengurangi aliran ion kalsium ke dalam sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon penyebab nyeri.

4. Mengobati Metastasis Kanker

Mengingat jenis kunyitnya banyak, maka kunyit putih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi metastasis kanker. Hal ini disebabkan kandungan kurkumin yang mampu mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker. 

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Olahan Beras Khas Indonesia Yang Paling Enak, Rasanya Gurih Banget

5. Pengobatan Luka

Jika kamu menderita sakit maag, kamu bisa mencoba larutan kunyit terlebih dahulu dan meminumnya secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi kambuhnya gejala maag.  Kandungan kurkumin pada kunyit mampu mengontrol kelebihan asam lambung dan produksi empedu.

6. Meredakan Peradangan Usus

Peradangan usus atau sindrom iritasi usus besar (IBS) dapat menyebabkan masalah pencernaan. Jika dibiarkan, enteritis menyebabkan kejang usus yang menyebabkan diare kronis. Dengan mengonsumsi kunyit, kamu dapat mengurangi sakit perut akibat peradangan usus. Khasiat kunyit yang bermanfaat adalah karena antioksidan dan kurkumin yang dikandungnya, yang meningkatkan fungsi otot pencernaan. 

7. Melawan Infeksi

Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit mampu melawan pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam tubuh.

Baca juga: Daun Pepaya: Si pahit Yang Memiliki Segudang Manfaat

8. Perawatan Organ Hati

Studi menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat mencegah kerusakan hati dan menjaganya tetap sehat. Kunyit sebaiknya selalu disimpan di rumah sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit yang pertama. Kamu juga bisa membeli obat herbal yang mengandung kunyit sehingga tidak perlu repot memasak kunyit.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp