Udah Coba 8 Olahan Tepung Sagu Ini, Bisa Buat Ide Jualan

By. Eka Sari - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Salah satu kekayaan bahan makanan Indonesia yang jarang ditemui di luar negeri adalah sagu. Tepung satu ini diperoleh dari hasil olahan batang rumbia. Di Tanah Air sendiri, sagu dapat ditemukan di Indonesia Timur, seperti Maluku dan Papua.

Kaya kandungan karbohidrat, sagu sering menjadi pengganti makanan pokok bagi masyarakat. Di beberapa daerah, malah banyak yang mengembangkan sagu sebagai bahan dasar kue.  Kreasi makanan dari olahan tepung sagu dapat menjadi ide yang menarik.

Baca juga: Tambah Pundi Rupiah Dengan 7 Ide Bisnis Olahan Kunyit

Tepung sagu adalah bahan yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis olahan makanan. Di dalam dunia bisnis, terutama dalam industri makanan, inovasi seperti ini dapat menjadi peluang bisnis yang menarik. Berikut adalah beberapa kreasi makanan yang dapat menjadi ide peluang usaha.

1. Produksi Kue Sagu

Kamu dapat memulai usaha produksi kue-kue yang terbuat dari tepung sagu, seperti kue sagu keju, kue sagu mutiara, atau kue sagu biji salak. Kue-kue ini bisa dijual secara langsung atau melalui toko kue dan toko online.

2. Pisang Goreng Tepung Sagu

Pisang goreng dengan lapisan tepung sagu dapat menjadi produk yang unik dan lezat. Kamu dapat menawarkannya di pasar tradisional atau acara-acara khusus.

3. Nugget Tepung Sagu

Nugget ikan atau ayam yang dibalut dengan lapisan tepung sagu bisa menjadi alternatif sehat untuk nugget biasa. Ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk anak-anak dan keluarga.

4. Cilok Tepung Sagu

Baca juga: Untung Deras Dengan Bisnis Olahan Jagung

Cilok adalah camilan populer di Indonesia. Kamu bisa memproduksi cilok dari campuran tepung sagu dan tapioka, kemudian menyajikannya dengan berbagai jenis saus.

5. Keripik Tepung Sagu

Keripik sagu yang gurih dan ringan adalah camilan yang populer. Anda bisa menciptakan berbagai rasa dan kemasan yang menarik.

6. Suplemen Makanan Sehat

Tepung sagu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk makanan sehat, seperti biskuit gandum yang kaya serat.

7. Produk Gluten-Free

Tepung sagu adalah bahan yang bebas gluten, sehingga kamu dapat memproduksi berbagai produk yang cocok untuk konsumen yang memiliki alergi gluten.

8. Pempek

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan. Kamu bisa memproduksi pempek dengan berbagai variasi dan ukuran.

Baca juga: Untung Banyak dengan Budidaya Kunyit

Pastikan untuk melakukan penelitian pasar dan uji coba produk sebelum memutuskan untuk memasarkan kreasi makanan yang kamu produksi. Tepung sagu memiliki ciri khas yang berbeda dalam tekstur, jadi kamu dapat menciptakan produk yang unik dan menarik bagi pelanggan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp