Mengintip 7 Peluang Bisnis Jelang Pemilu 2024

By. Eka Sari - 05 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Halo sobat kontenPedia! Tahun 2024 bisa dikatakan merupakan tahun yang cukup ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, di tahun tersebut, akan digelar pemilu dimana merupakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih calon Presiden pengganti Joko Widodo. Selain, disambut begitu antusias oleh para politisi, tahun pemilu juga merupakan momen yang baik bagi para pebisnis karena banyaknya peluang bisnis yang bisa dicoba.

Apalagi sejak dicabutnya status pandemi COVID-19, perekonomian Indonesia yang mulai pulih, dan ini menjadi sinyal positif bermunculannya berbagai usaha-usaha baru di tahun 2024. Nah, jika sobat kontenPedia ingin menambah keuntungan, mengintip sejumlah peluang bisnis saat Pemilu wajib dilakukan. Nah, apa saja sih peluang bisnis yang menjanjikan jelang Pemilu? Berikut beberapa yang perlu kamu pertimbangkan:

Baca juga: 10 Ide Bisnis Olahan Ayam 2023, Usaha yang Menjanjikan Laris

1. Bisnis Percetakan

Percetakan bisa dikatakan merupakan salah satu bisnis yang sudah pasti akan meraup cuan besar saat Pemilu 2024 mendatang. Sebab, setiap pemilu, membutuhkan alat peraga kampanye dan sebagian besar masih menggunakan media cetak seperti brosur, banner, spanduk hingga poster yang diproduksi oleh bisnis-bisnis percetakan.

Selain para politisi, KPU (Komisi Pemilihan Umum) juga membutuhkan jasa ini untuk mencetak surat suara yang bakal didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia.

2. Bisnis Konveksi

Konveksi merupakan salah satu sektor industri yang paling menguntungkan dalam setiap pemilu. Bahkan dapat dikatakan jika konveksi tak bisa dilepaskan dalam pesta demokrasi karena parpol (partai politik) peserta pemilu membutuhkan kaos dan berbagai produk turunan tekstil untuk berkampanye. Tak heran jika industri TPT (Tekstil dan Produk Tekstil) sendiri diproyeksi akan meraih berkah Pemilu.

3. Bisnis Perhotelan

Mungkin berbeda dengan bisnis percetakan dan konveksi yang selalu identik bakal laris manis di tahun politik, sektor perhotelan juga disebut-sebut mampu menuai berkah. Pasalnya, banyak parpol yang mengadakan konsolidasi internal atau berbagai persiapan jelang Pemilu 2024 di hotel-hotel, seperti dilansir CNBC Indonesia.

4. Bisnis Sablon

Bisnis sablon akan menebalkan pundi-pundi Rupiah mereka di tahun Pemilu 2024. Senada dengan konveksi dan percetakan, ada banyak alat peraga kampanye yang membutuhkan jasa sablon mulai dari percetakan kaos berlogo parpol, mencetak gelas, jam dinding sampai aneka peralatan rumah tangga lain dengan wajah si calon Presiden. Bahkan produsen kaos sablon hingga spanduk disebut siap memanen berkah pesta demokrasi tahun depan.

Baca juga: Bagaimana Permintaan Ayam di Indonesia?

5. Bisnis Katering

Semakin besar jumlah massa yang dikumpulkan oleh setiap parpol dalam kampanye mereka, semakin besar pula kebutuhan konsumsinya. Hal ini jelas merupakan keuntungan tersendiri jika kamu dapat menawarkan jasa katering. Pemesanan makanan dan minuman terhadap simpatisan parpol diprediksi bakal berjumlah cukup besar, sehingga diperlukan pengelolaan bisnis katering yang profesional.

Namun sebaiknya harga tidak dipatok terlalu tinggi, karena persaingan di sektor pangan semakin ketat. Pastikan bahwa katering yang dikelola dapat memenuhi permintaan pesanan dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat dengan harga kompetitif.

6. Bisnis Digital Marketing

Metode kampanye di tahun 2024 bisa dikatakan berbeda dibandingkan satu dekade silam. Akibat pandemi yang berkepanjangan, masyarakat Indonesia terbiasa dengan internet, yang berarti kampanye online bakal lebih efektif dibandingkan harus mengumpulkan massa dalam jumlah besar di stadion. Kondisi ini justru menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pelaku digital marketing.

Seperti namanya, digital marketing adalah aktivitas pemasaran di internet. Dalam kaitannya dengan Pemilu 2024, pemasaran di internet mencakup pembuatan konten online di berbagai platform mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, hingga blog. Meski terdengar sepele, kampanye online disebut mampu meningkatkan kepedulian calon pemilih sehingga tidak golput di tahun 2024 mendatang.

7. Bisnis Event Organizer

Terakhir, peluang bisnis yang bisa dipilih adalah jasa EO (Event Organizer). Keberadaan EO diprediksi akan banyak digunakan oleh parpol hingga calon Presiden dan Wakil Presiden nanti dalam berkampanye. Kemudian, tugas EO merancang sistem sedemikian rupa sehingga dapat menerapkan metode kampanye yang diperlukan kepada pasar, khususnya kepada calon pemilih. Kehadiran EO juga memberikan beberapa konsep dan jadwal kampanye. Dengan begitu, partai politik dan politisi yang berpartisipasi di dalamnya tidak perlu lagi bersusah payah.

Baca juga: Peluang Usaha Ternak Ayam yang Menjanjikan

Bagaimana sobat kontenPedia? Ternyata ada banyak juga ide bisnis saat Pemilu yang bisa dicoba, bukan? Tentu saja jika kalian tertarik untuk memilih salah satu di antaranya, pastikan untuk dilakukan secara profesional dan tekun sehingga nantinya omzet dan cuan akan terus meningkat seiring dengan terpilihnya calon pemimpin baru.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp