Mengenal 5 Manfaat Mengkonsumsi Kefir

By. Afifah - 01 Sep 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Kefir, minuman fermentasi yang berasal dari susu telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia kesehatan dan gizi. Dikenal karena kandungan probiotiknya yang melimpah, kefir telah menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin meraih manfaat kesehatan yang beragam. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang manfaat mengkonsumsi kefir dan bagaimana minuman ajaib ini dapat mempengaruhi kesejahteraan kita.

Baca juga: Berkenalan Dengan Kefir Si Susu Fermentasi

1. Menjaga Keseimbangan Mikroba dalam Usus

Salah satu manfaat paling dikenal dari mengkonsumsi kefir adalah dukungan terhadap keseimbangan mikrobiota usus. Mikrobiota usus terdiri dari berbagai mikroorganisme yang hidup dalam saluran pencernaan kita. Keseimbangan mikroba yang baik penting untuk pencernaan yang sehat, penyerapan nutrisi yang efisien, dan dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh. Kefir mengandung berbagai jenis probiotik yang dapat membantu memelihara dan meningkatkan keanekaragaman mikroba dalam usus sehingga menghasilkan dampak positif pada kesehatan kita secara keseluruhan.

2. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Kandungan probiotik dalam kefir dapat membantu memperbaiki gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan iritasi usus. Proses fermentasi yang terjadi selama pembuatan kefir juga menghasilkan enzim-enzim yang membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sekitar 70% hingga 80% sel-sel imunitas tubuh berada di sistem pencernaan, sehingga penting bagi kita untuk menjaga kesehatan usus. Kefir dapat membantu merangsang respons imunitas tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca juga: 7 Manfaat Kombucha bagi Kesehatan: Kaya Antioksidan

4. Menyediakan Nutrisi bagi Tubuh

Kefir adalah bahan pangan sumber nutrisi. Didalamnya terdapat kandungan protein, kalsium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan magnesium. Ini membuatnya menjadi minuman yang baik untuk kesehatan tulang, fungsi otot, dan kekebalan tubuh.

5. Menyediakan Alternatif bagi Laktosa Intoleran

Bagi mereka yang sulit mencerna laktosa atau laktosa intoleran, kefir dapat menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan susu biasa. Proses fermentasi kefir menguraikan sebagian besar laktosa menjadi asam laktat sehingga menjadikannya lebih mudah dicerna.

Mengkonsumsi kefir bisa menjadi langkah positif dalam menjaga Kesehatan. Kefir dapat mendukung pencernaan yang sehat hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memberikan nutrisi yang berlimpah. Dengan menggabungkan kefir dalam pola makan yang seimbang, Anda dapat meraih manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Baca juga: 4 Resep Varian Kopi Gula Aren yang Menggugah Selera




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp